Minggu, Desember 3, 2023
BerandaBerita TerkiniLomba Pocil Batang: Delapan Tim SD Bersaing dalam Perlombaan yang Meriah

Lomba Pocil Batang: Delapan Tim SD Bersaing dalam Perlombaan yang Meriah

Batang-kabarekspres.id II Penampilan Polisi Cilik (Pocil) mampu memukau penonton dan dewan juri. Hal itu terlihat saat mereka menjadi duta dalam lomba Pocil yang digelar Polres Batang dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Bhayangkara.

Semarak Lomba Polisi Cilik di Batang Meriahkan HUT ke-77 Bhayangkara

Lomba diikuti delapan tim untuk pelajar jenjang Sekolah Dasar se-Kecamatan Batang pada Senin lalu yang berlangsung di Gedung PGRI, Jalan Slamet Riyadi, Kabupaten Batang.

Adapun Tujuan utamanya sebagai sarana membentuk karakter disiplin anak sejak usia dini, sehingga menjadi pribadi yang tertib, patuh dan taat terhadap peraturan yang berlaku.

Semarak Lomba Polisi Cilik di Batang Meriahkan HUT ke-77 Bhayangkara

KBO Satlantas Polres Batang, Iptu Sukarinto mengatakan, para anggota Pocil merupakan generasi penerus bangsa, diharpakan bisa menjadi kader yang ikut menyosialisasikan disiplin berlalu lintas kepada publik.

“Saat ini lomba baru digelar di tingkat kecamatan, tapi tidak menutup kemungkinan tahun depan akan digelar di tingkat kabupaten,” terangnya.

Kriteria penilaian meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB), kecerdasan Komandan Pleton (Danton), kecepatan, kerapian dan variasi untuk mengetahui kekompakan dalam satu pasukan Pocil. “Bagi mereka yang menjuarai akan dikirim ke tingkat Polda, apabila ada arahan dari pimpinan,” jelasnya.

Tingkat partisipasi Pocil Polres Batang cukup intensif. Juara pertama diraih oleh SD Negeri Kauman 7 di tahun 2022, untuk tingkat Ekswil Pekalongan.

Salah satu peserta, Syivanna Albika Lethicya dari SD Negeri Proyonanggan 5, siswi kelas V mengatakan, sebelum menunjukkan kebolehannya sebagai Pocil, ia bersama rekan-rekannya melakukan latihan intensif selama sepekan.

“Gerakan yang ditampilkan PBB, senam tertib lalulintas dan variasi barisan. Latihannya rajin semua gerakan dipelajari, jadi tidak sulit,” tandasnya.

Sebagai juara pertama diraih SDN Kauman 07, juara kedua SDNi Proyonanggan 05, juara 3 SD IT Permata Hati Pasekaran. Sementara itu juara harapan pertama SDN Proyonanggan 11 dan juara harapan kedua SDN Proyonanggan 02.

Reporter: Casroni

RELATED ARTICLES

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments