Bersama Capil Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah Turun Langsung Selesaikan Laporan Kerusakan Dokumen Kependudukan Pasca Banjir

admin

Warga KPR yang terdampak banjir mendapat layanan langsung perbaikan data Kependudukan

Laporan:Widori

BATURAJA – Dampak pasca banjir bukan hanya rumah, namun data kependudukan milik warga yang terdampak pun banyak yang rusak dan hilang.

Oleh sebab itu Penjabat Bupati OKU Teddy Meileansyah mengintruksikan Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten OKU memfasilitasi warga yang terdampak secara baik.

Disdukcapil OKU mencatat 500 lebih laporan Kerusakan dokumen kependudukan dari masyarakat yang terdampak banjir di OKU.

Hal itu dikatakan Kepala Disdukcapil OKU, Suryadi pada Sabtu (1/6/2024)

Dikatakan Suryadi, untuk mengakomodir dan mempermudah masyarakat tersebut, Diadukcapil OKU melakukan inovasi program tahun 2024 khususnya pasca banjir di OKU. Program itu yakni jemput bola pelayanan dokumen kependudukan dan catatan sipil.

Kegiatan itu untuk memberikan pelayanan yang maksimal, cepat dan mudah bagi masyarakat.

Baca Juga :  Senin Akan Ada Pelantikan Pejabat, Ini Penjelasan BPSDM OKU

“Jadi kita melakukan layanan dokumen kependudukan dan catatan sipil secara cepat bisa langsung cetak di tempat seluruh dokumen kependudukan,” ujarnya.

Apa lagi lanjut Suryadi, pada bulan mei 2024 ini terjadi 2 kali musibah banjir di OKU sehingga banyak dokumen kependudukan masyarakat yang rusak.

“Nah inilah salah satunya kita ingin memberikan kemudahan bagi masyarakat, masyarakat bisa langsung menerima dokumen kependudukan seperti KTP, KK, akta kelahiran ataupun akta kematian,” imbuhnya.

Diungkapkannya, masyarakat tidak perlu khawatir kegiatan ini gratis tidak dipungut biaya, bahkan Disdukcapil memberika. Kemudahan dengan tidak ada syarat untuk bisa mencetak dan mengganti dokumen kependudukan yang telah rusak akibat banjir.

“Yang penting punyak Nomor induk kependudukan dan memang tercatat sebagai warga Desa dan kecamatan setempat, dan ini gratis ,” tegasnya.

Baca Juga :  Dampak Durasi Layar Bagi Anak Kecil

Selama banjir disebutkan Suryadi, sudah ada sekitar 500 lebih kepala keluarga (KK)yang melaporkan kerusakan dokumen kependudukan ke Disdukcapil OKU. Jumlah itu terdapat di beberapa kecamatan yang terdampak banjir baik banjir pada 7 Meil 2024 maupun Banjir pada 23 mei 2024 kemarin.

“Jika masih ada masyarakat yang belum sempat mengikuti kegiatan jemput bola ini masyaraka juga bisa datang langsung ke Kantor Disdukcapil OKU,” tandasnya.

Sementara Ph Bupati OKU Teddy Meilwansyah berharap pelayanan yang diberikan dapat maksimal.

“Disdukcapil OKU sudah terjun ke lapangan, ini hal yang baik. Silahkan masyarakat memanfaatkan ini. Saya minta Capil bisa sesegera mungkin menyelesaikan permasalahan ini, ” tukasnya.(*)

Also Read

Tags