Perbaikan Infrastruktur Rusak Akibat Banjir di OKU, BNPB Pusat Janji Siap Bantu

admin

Deputi bidang logistik dan peralatan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat Dr Lilik Kurniawan saat menyampaikan bantuan bencana banjir di OKU

Laporan:Widori

BATURAJA – Deputi bidang logistik dan peralatan Badan Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat Dr Lilik Kurniawan menyambangi kabupaten OKU guna memastikan penanganan pasca bencana banjir di Kabupaten OKU, pada Jumat (10/5/2024). 

Kehadiran perwakilan BNPB ini diketahui dalam rangka memantau kondisi pasca banjir serta menyalurkan bantuan. Dr Lilik Kurniawan diterima langsung Penjabat Bupati OKU H Teddy Meilwansyah di rumah Dinas Bupati OKU. 

Dr Lilik menekankan indikator keberhasilan penanganan pasca bencana adalah masyarakat yang terdampak semua mendapat bantuan dan penanganan.

“Jadi pertama indikatornya seluruh masyarakat yang terdampak jangan sampai tidak dapat bantuan. Tapi setelah kami lihat langsung Pemkab OKU telah berhasil melaksanakan dan memang perlu proses penyampaian bantuan ini, ” ucap Lilik. 

Baca Juga :  Berikut Manfaat dan Jenis Perawatan Spa

Adapun bantuan yang disalurkan meliputi dana siap pakai mencapai Rp 200 juta untuk dukungan operasional penanganan darurat bencana banjir. 

Selanjutnya dukungan logistik dan peralatan penanganan darurat bencana banjir diajtaranya berupa paket sembako, selimut, matras, kasur lipat, perahu, tenda pengungsian, pompa apung dan lainya. 

“Urusan infrastruktur yang rusak nanti diajukan ke kita. Ini semata mata mempercepat, jangan sampai kerusakan infrastruktur kritikel dapat mengganggu aktifitas masyarakat, “terangnya.

Dirinya juga berharap Pemkab OKU bisa menganalisa banjir yang terjadi pada waktu lalu, apalagi jelas dia ini terjadi cukup parah. 

” Banjir itu persolaan ekologis apakah betul betul tidak ada perubahan dari dulu sekarang. Saya tidak tahu didaerah hulu masih banyak pohon. Bagaimana dengan sungai kita apakah tetap lebarnya sama dan ketinggian yang sama atau lebih kecil lagi. Ini tentu saya berharap bisa dievaluasi program jangka panjang. Ada RPJMD harus ada program jangka panjang,kami di pusat akan mendukung, rencana harus dimulai dari daerah siapapun pemimpinya harus perhatikan ini, “tukas Lilik. 

Baca Juga :  Dukungan Terhadap YPN Terus Bertambah: Gerakan Muda (GEMA) Bergabung

Sementara itu, Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah mengaku bantuan yang terus mengalir dari berbagai pihak sangat membantu. Pihaknya jelas Teddy sangat berterima kasih atas kepedulian dari berbagai pihak. 

“Tentu kami berterima kasih kapada BNPB pusat telah memberikan bantuan. Tentu banyak kerugian salah satunya infrastruktur yang rusak seperti jembatan ini akan kami usulkan sesuai arahan tadi, ” tukasnya. (Wid)

Also Read

Tags