PPK Jangan Duduk dan Ngopi Bareng Tim dan Calon Kepala Daerah

admin

Foto bersama Komisoner KPU OKU serta para anggota PPK yang baru saja dilantik untuk 13 Kecamatan

Laporan:Widori

BATURAJA – Sebanyak 65 orang Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK), hasil seleksi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ogan Komering Ulu (OKU), beberapa hari yang lalu resmi dilantik. 

Kegiatan yang dipusatkan di salah satu hotel mewah di Baturaja dilaksanakan Kamis (16/5/2024) pagi yang dihadiri langsung Ketua KPU Provinsi Sumsel Andika Pranata Jaya, Pj Bupati OKU Teddy Meilwansyah diwakili oleh Sekda OKU Dharmawan Irianto, Kapolres OKU AKBP Imam Zamroni Dandim OKU dan tamu undangan lainya. 

Ketua KPUD Provinsi Sumsel Andika menekankan para PPK yang baru saja dilantik untuk memahami tugas dan kewajiban sebagai seorang anggota PPK. 

“Sekarang petugas PPK karena ini sudah pilihan anda sebagai seorang penyelenggara, maka salah satu hak individu kalian mulai terenggut. Sekarang harus saling mengenal, saling memahami suntuk seluruh anggota PPK dan terpenting untuk barengan bekerja, “pesan Andika. 

Baca Juga :  Reuni Akbar Alumni Unbara, Hadiahi Penghargaan Tokoh Peduli Pendidikan

Selain itu, para petugas PPK harus memahami tugas dan fungsi serta kewajiban jangan sampai tidak faham. 

“Kalau kita semua bisa memahami tugas dan kewajiban insyaallah pilkada di OKU berjalan baik. Kalau belum faham setiap hari harus membaca tugas dan kewajiban ppk. Dan harus diingat kalian mewakili orang orang yang mempunyai hak pilih. Saya menginformasikan hak individu kalian mulai terenggut ada hal yang harus dibatasi, “himbau Andika. 

Dari mulai hal terkecil jelas Andika, para penyelenggara harus bisa mengurangi ruang gerak untuk menjaga netralitas. 

“Sejak jadi ppk ini teman teman harus mulai mengatur jangan duduk dengan tim calon kepala daerah. Nanti dituduh ppknya ada main, hal hal seperti ini harus dibatasi, karena memang bapak ibu penyelenggara harus menunjukan netralitas, “kata Andika seraya mengungkapkan PPK bisa memastikan dan menunjukan kepada masyarakat bahwa semua penyelenggara bisa bersikap netral seadil mungkin sebaik mungkin ini harus diiemaban. 

Baca Juga :  Berikut Manfaat dan Jenis Perawatan Spa

Lebih jauh diungkapkan Andika, tugas PPK mulai detik usai pelantikan sudah mulai bekerja. “Sebagai informasi, sesungguhnya masa kerja bulan Mei dan seterusnya hingga masa kerja 8 bukan,” terangnya. 

Sementara disinggung untuk anggaran Ketua KPU Sumsel mengungkapkan secara keseluruhan anggaran sudah siap untuk digelontorkan mendukungbtahaoan pilkada baik di OKU dan Sumsel. 

“Saat ini anggaran sudah ready diseluruh Sumsel sudah selesai. Tinggal proses pelaksanaan, kalau OKU 38,5 Milyar, untuk KPU Provinsi 234 Milyar kalau keseluruhan ditambah semua kabupaten/kota,”tegas Andika. 

Also Read

Tags